TPS 3

posted by Labels: at

BAB III
METODELOGI PENELITIAN
  1. Identifikasi Variabel Penelitian
Sebelum pengambilan data dilakukan, perlu ditentukan variabel – variabel yang akan digunakan dalam penelitian. Menurut Azwar (2005) variabel psikologis adalah konsep atau konstrak hipotetik yang dirumuskan untuk menjelaskan fenomena psikologis yang terjadi pada diri manusia dan hubungannya dengan variabel-variabel lain. Variabel – variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1. Variabel bebas : - Komunikasi Interpersonal
- Kemampuan Penyesuaian Diri
2. Variabel tergantung : Performance Kerja
  1. Definisi Operasional
Definisi operasional variabel penelitian ini :
1. Performance kerja
Performance kerja adalah penilaian yang ditampilkan karyawan mengarah pada pencapaian tujuan yang ditetapkan organisasi atau kegiatan selama tempo waktu tertentu. Performance kerja lebih menekankan pada hasil atau yang diperoleh dari sebuah pekerjaan sebagai kontribusi pada perusahaan.
2. Penyesuaian diri
Penyesuaian diri merupakan proses penyatuan antara kondisi diri individu sendiri dengan sesuatu objek. Dalam proses penyesuaian diri selalu terjadi interaksi antara dorongan-dorongan dari dalam diri individu dengan suatu perangsang atau tuntutan lingkungan sosial.
3. Komunikasi interpersonal
Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara 2 orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi atau informasi orang lain secara langsung, baik secara verbal atau nonverbal.
  1. Subjek Penelitian
1. Azwar (2009) mengungkap populasi penelitian adalah kelompok subjek yang dikenai generalisasi hasil penelitian yang memiliki kesamaan fisik dan karakteristik yang membedakan dari kelompok yang lain. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di perusahaan.
2. Sampel adalah sebagian individu dari populasi yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan populasi (Azwar,2007). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yaitu suatu teknik suatu teknik sampling yang dilakukan apabila anggota sampel dipilih secara khusus berdasarkan tujuan penelitian. Kriteria subjek dalam penelitian ini adalah karyawan perusahaan berjenis kelamin laki-laki dan wanita.
  1. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala komunikasi interpersonal, skala kemampuan penyesuaian diri dan skala performance kerja.
1. Skala performansi kerja
Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Menurut munandar (2001),aspek-aspek dalam performance kerja ada 2 aspek yaitu. perilaku kerja dan hasil kerja. Bobot dari blue print diperoleh dari asumsi bahwa semua aspek dapat dibuat sama persentasenya.
Table 2. Blue Print Awal Skala Pengendalian Emosi
No
Komponen
Jumlah
Bobot %
1
perilaku kerja
20
50%
2
hasil kerja
20
50%
Jumlah
40
100%
2. Skala Kemampuan Penyesuaian diri
Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Pramadi dalam Anima (1996) yaitu. kemampuan mengenal kekurangan dan kelebihan, kemampuan untuk bersikap objektif dan menerima kekurangan dan kelebihan diri, kendali diri. Bobot dari blue print diperoleh dari asumsi bahwa semua aspek dapat dibuat sama persentasenya.
Table 2. Blue Print Awal Skala Penyesuaian diri
No
Komponen
Jumlah
Bobot %
1
kemampuan mengenal kekurangan dan kelebihan
10
33%
2
kemampuan untuk bersikap objektif dan menerima kekurangan dan kelebihan diri
10
33%
3
kendali diri
10
33%
Jumlah
30
100%
3. Skala komunikasi interpersonal
Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Edna Rogers dan Frank Millar (Rini, 2002), terdiri dari 3 aspek yaitu struktur kontrol, kepercayaan, dan keakraban. Bobot dari blue print diperoleh dari asumsi bahwa semua aspek dapat dibuat sama persentasenya.
Table 1. Blue print awal skala komunikasi interpersonal
No
Komponen
Jumlah
Bobot %
1
struktur kontrol
10
33%
2
kepercayaan
10
33%
3
keakraban
10
33%
jumlah
30
100%
  1. Validitas dan Reliabilitas
1. Validitas
Validitas yang akan digunakan adalah validitas isi (content validity) merupakan validitas yang diestimasi melalui pengujian terhadap isi skala dengan analisis rasional atau professional judgement. Validitas isi menunjukan sejauh mana butir-butir dalam skala mencakup keseluruhan kawasan objek yang hendak diukur.
2. Reliabilitas.
Pendekatan yang digunakan dalam pengujian reliabilitas aitem skala adalah dengan menggunakan pendekatan konsistensi internal dengan teknik analisis alpha cronbach. Penghitungan diolah dengan menggunakan Statistical Product Service Solution (SPSS 10 for Windows)
  1. Metode Analisis Data
Metode analisis data dalam penelitian ini menggnakan teknik statistik korelasi regresi dari Pearson, yaitu mencari korelasi antara pengendalian emosi dengan stress kerja.
Post a Comment

Back to Top