Big Five

posted by Labels: at
Big Five
Studi ini bertujuan untuk melihat konsistensi limafaktor Big Five di Indonesia. Instrumen yang digunakan adalah Five FactorPersonality Inventory yang dibagikan pada 60 subjek. Melalui analisis faktorkonfirmatori dengan menggunakan program Lisrel 8.30 ditermukan bahwa kelimafaktor yang dikonfirmasi konsisten dengan faktor di dalam Big Five. Model yang disusun cukup baik dalam menggambarkan lima faktor Big Five yang dibuktikandengan diterimanya beberapa indeks ketepatan model, misalnya nilai chi-square3.10 (p=0.540), Goodness Fit Index (GFI) = 0.98, Rooted Mean Square Error(RMSEA) =0.00
Pendekatan Analisis Faktor Konfirmatori
Model Lima Besar (Big Five Model) dilakukan oleh John Bearden. Faktor lima besar mencakup :
·         Extraversion atau keterbukaan
·         Agreeableness
·         Conscientiousness
·         Neuroticism
·         Openness

Contoh item
Five Factor Personality Inventory
NO PERYATAAN PERNYATAAN
1. Saya sering memiliki suasana hati dan keinginan yang berubah-ubah
     SS S TS STS
   2. Saya tidak mudah bersedih
     SS S TS STS
3. Menurut saya, hiburan dan kesenian dalam kehidupan manusia adalah penting
     SS S TS STS

4. Saya senang menghadiri undangan pesta
     SS S TS STS

5. Saya selalu bisa menghadapi permasalahan yang terjadi dilingkungan masyarakat disekitar saya
     SS S TS STS

6. Saya selalu merencanakan dan meyusun jadwal terlebih dahulu setiap akan melakukan      
     Sesuatu pekerjaan
     SS S TS STS

7. Saya sering benci pada diri saya sendiri
     SS S TS STS

8. Saya selalu bisa menghargai orang lain
     SS S TS STS

9. Saya merasa bahwa saya memiliki banyak kelebihan dibanding orang lain yang bagi saya tidak ada artinya
     SS S TS STS

10. Saya jarang bersedih
     SS S TS STS

11. Saya tidak suka memperhatikan dan merawat diri saya sendiri
     SS S TS STS

12. Saya selalu merencanakan kehidupan masa depan saya
     SS S TS STS

13. Saya tidak suka dengan segala ide dan membuat rencana yang tidak pasti
     SS S TS STS

14. Saya mudah bergaul dan mencarai teman baru
     SS S TS STS

15. Jika disuruh memilih seorang pemimpin, saya lebih tertarik memilih pemimpin yang memberi kebebasan kepada anak buahnya
     SS S TS STS

16. Saya selalu bisa dan tahu bagaimana membuat orang tertarik pada saya
     SS S TS STS

17. Saya percaya bahwa pada dasarnya semua orang adalah baik
     SS S TS STS

18. Saaaya melakukan sesuatu hanya untuk mencapai hasil yang saya inginkan tanpa mempedulikan caranya
     SS S TS STS

19. saya sering merasa kesulitan dalam memecahkan masalah dan mengerjakan segala hal
     SS S TS STS

20. Saya selalu menghindari pembicaraan atau diskusi yang panjang lebar meskipun menyangkut kehidupan
     SS S TS STS

21. Bagi saya, tiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan yang harus diterima
     SS S TS STS

22. Saya tidak suka jalan-jalan ke museum kesenian
     SS S TS STS

NO PERYATAAN PERNYATAAN
23. Saya senang memperhatikan sesuatu secara mendalam
     SS S TS STS

24. Saya sulit untuk melupakan masa lalu dalam hidup saya
     SS S TS STS

25. Saya lebih senang menyendiri dari pada berkumpul dengan teman-teman
     SS S TS STS

26. Saya sering menunda pekerjaan yang harus diselesaikan
     SS S TS STS

27. Saya mau memberi bantuan pada siapa saja yang meminta bantuan pada saya, asalkan ada imbalannya
     SS S TS STS

28. Saya selalu menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
     SS S TS STS

29. Saya tidak suka ngobrol
      SS S TS STS

30. Saya sering melalikan tugas saya
      SS S TS STS

31. Saya tidak suka kesenian apapun
     SS S TS STS

32. Saya sering merasa sedih
     SS S TS STS

33. Saya sering merasa senang jika melihat orang lain gagal atau nasibnya lebih buruk daripada saya
     SS S TS STS

34. Saya tidak suka memperhatikan sesuatu secara detail atau mendalam
     SS S TS STS

35. Saya merasa nyaman jika sedang berkumpul dengan teman-teman maupun orang lain yang baru saya kenal
     SS S TS STS

Post a Comment

Back to Top