yaitu
instrument penelitian kepribadian yang berisi 100 pertanyaan mengenai bagaimana
individu akan merasa atau bertindak dalam situasi tertentu. Berdasarkan
jawaban-jawaban yang diberikan, individu diklasifikasikan kedalam karakteristik
:
1. Extrovert (E) vs. Introvert
(I). Ekstrovert artinya tipe pribadi yang suka bergaul, menyenangi
interaksi sosial dengan orang lain, dan berfokus pada the world outside the
self. Sebaliknya tipe introvert adalah mereka yang senang menyendiri,
reflektif, dan tidak begitu suka bergaul dengan banyak orang. Orang introvert
lebih suka mengerjakan aktivitas yang tidak banyak menutut interaksi semisal
membaca, menulis, dan berpikir secara imajinatif.
2. Sensing (S) vs. Intuitive (N).
Tipe dikotomi kedua ini melihat bagaimana seseorang memproses data. Sensing
memproses data dengan cara bersandar pada fakta yang konkrit, factual facts,
dan melihat data apa adanya. Sensing adalah concrete thinkers. Sementara tipe
intuitive memproses data dengan melihat pola dan impresi, serta melihat berbagai
kemungkinan yang bisa terjadi. Intutive adalah abstract thinkers.
3. Thinking (T) vs. Feeling (F).
Tipe dikotomi yang ketiga ini melihat bagiamana orang berproses mengambil
keputusan. Thinking adalah mereka yang selalu menggunakan logika dan kekuatan
analisa untuk mengambil keputusan. Sementara feeling adalah mereka yang
melibatkan perasaan, empati serta nilai-nilai yang diyakini ketika hendak
mengambil keputusan.
4. Judging (J) vs. Perceiving
(P). Tipe dikotomi yang terakhir ini ingin melihat derajat fleksibilitas
seseorang. Judging disini bukan berarti judgemental (atau menghakimi). Judging
disini diartikan sebagai tipe orang yang selalu bertumpu pada rencana yang
sistematis, serta senantiasa berpikir dan bertindak secara sekuensial (tidak
melompat-lompat). Sementara tipe perceiving adalah mereka yang bersikap
fleksibel, adaptif, dan bertindak secara random untuk melihat beragam peluang
yang muncul.
Dalam tes MBTI, kita akan disodori
sejumlah pertanyaan yang pada intinya akan mengarahkan kita pada sisi mana kita
berada untuk keempat dimensi itu. Untuk dimensi Extrovert (E) vs. Introvert (I)
misalnya, apakah kita cenderung berada pada sisi E atau I. Demikian juga untuk
dimensi Sensing (S) atau Intuitive (N), kita berada pada sisi S atau N,
demikian seterusnya. Karena terdapat empat dimensi, maka kemungkinan
kombinasinya menjadi bisa beragam : bisa ENTJ, ISTP, ENFJ, dst. Masing-masing
memberikan deskripsi yang unik untuk pola kepribadiannya.
Tujuan dari MBTI ini adalah membuat
teori tipe kepribadian C.G Jung (1921-1971) lebih mudah dimengerti dan
digunakan untuk kehidupan orang banyak. MBTI ini berdasarkan pemikiran Jung
mengenai persepsi, judgment dan sikap yang digunakan oleh setiap tipe
yang berbeda dari individu. Persepsi adalah kemampuan psikologis individu untuk
sadar pada hal-hal, orang-orang dan ide-ide. Judgment melibatkan berbagai cara
untuk menyimpulkan apa yang telah dipersepsikan individu tersebut. Kalau orang
berbeda satu sama lain ketika mempersepsikan sesuatu juga ketika melakukan judgment,
maka perbedaan ini juga mempengaruhi minat, ketrampilan, nilai-nilai serta
reaksi mereka.
MBTI digunakan untuk
mengidentifikasi, dari laporan diri seseorang, untuk mengenali reaksinya dengan
mudah juga menjadi preferensi dasar dari orang-orang tentang persepsi dan
judgmentnya.
MBTI berbeda dengan instrumen
mengenali tipe kepribadian lain dalam hal:
- Dirancang untuk mengimplementasikan teori; jadi teori (Jung) harus dimengerti untuk memahami MBTI.
- Berdasarkan teori, ada dinamika hubungan yang khusus antar skala, yang kemudian akan mengantar penjelasan tentan 16 tipe karakteristik.
- Deskripsi tipe-tipe ini dan teorinya sebenarnya dapat dijelaskan dalam kerangka perkembangan manusia seumur hidupnya.
- Skala ini memperhatikan fungsi dasar manusia yaitu persepsi dan judgment yang selalu ada di perilaku manusia, sehingga sangat bermanfaat untuk digunakan dalam hidup sehari-hari.
Contoh item
INVENTORI TIPE KEPRIBADIAN
Petunjuk:
Pada hakikatnya
manusia mempunyai tipe kepribadian yag berbeda satu sama lain. Tidak ada tipe
kepribadian yang benar atau salah, baik atau buruk.
Tujuan
inventori ini semata-mata untuk memberi gambaran tentang tipe kepribadian
sesuai dengan kecenderungan Saudara. Walaupun tipe kepribadian Saudara berbeda
dengan orang lain, hal itu tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan atau
kelainan mental.
Beberapa pernyataan di bawah ini
disusun berpasangan (a dan b) yang dapat menggambarkan kecenderungan Saudara.
Berilah nilai pada tiap pernyataan dengan angka 0 sampai dengan 5.
· 0 berarti
Saudara benar-benar menolak
pernyataan itu, jadi menerima pernyataan pasangannya;
· 5 berarti
Saudara benar-benar menerima
penyataan itu, jadi menolak pernyataan pasangannya.
Skor tiap pasangan (penyataan a dan b) harus
berjumlah 5 (0 dan 5, 1 dan 4, 2 dan 3, dst. sesuai bobot penilaian
Saudara). Jangan menggunakan nilai pecahan.
Saya lebih suka:
1a ___
membuat keputusan sesudah mengetahui apa yang dipikirkan orang lain.
1b ___
membuat keputusan tanpa berunding dengan orang lain.
2a ___
disebut penuh daya khayal.
2b ___
disebut mendasarkan diri pada fakta.
3a ___
membuat keputusan tentang manusia dalam organisasi kerja atas data yang
tersedia dan analisis situasi secara sistematik.
3b ___
membuat keputusan tentang manusia dalam organisasi kerja atas dasar
penghayatan, perasaan, serta pemahaman terhadap kebutuhan dan apa yang
dihargainya.
4a ___ membiarkan komitmen timbul sendiri apabila
orang-orang ingin melakukan suatu kegiatan.
4b ___
memaksakan komitmen tertentu untuk menjamin bahwa mereka melakukan suatu
kegiatan.
5a ___ saat-saat berpikir secara sendirian.
5b ___
saat-saat aktif melakukan kegiatan bersama orang lain.
6a ___ menggunakan metode-metode yang benar-benar
saya ketahui akan efektif untuk menyelesaikan tugas pekerjaan.
6b ___
mencoba memikirkan metode-metode baru untuk menyelesaikan tugas apabila
dihadapkan pada suatu pekerjaan.
7a ___ menarik kesimpulan atas dasar logika dan
analisis secara hati-hati, langkah demi langkah.
7b ___ menarik kesimpulan atas dasar apa yang saya
rasakan dan yakini dari pengalaman di masa lalu.
Saya lebih suka:
8a ___ menghindari penentuan batas waktu.
8b ___
menyusun jadwal dan melaksanakannya sesuai jadwal itu.
9a ___ membicarakan suatu persoalan sebentar,
kemudian memikirkannya sendiri.
9b ___
membicarakan dalam waktu yang cukup dan kemudian berpikir sendiri.
10a ___ memikirkan tentang
kemungkinan-kemungkinan.
10b
___ menghadapi kenyataan sebenarnya.
11a ___ dianggap sebagai orang yang
menggunakan pikiran.
11b
___ dianggap sebagai orang yang
menggunakan perasaan.
12a ___ mempertimbangkan tiap
kemungkinan dalam waktu yang lama sebelum dan sesudah membuat keputusan.
12b
___ mendapatkan informasi yang saya
perlukan, mempertimbangkannya sebentar, kemudian dengan cepat membuat keputusan
tegas.
13a ___ pikiran-pikiran dan
perasaan-perasaan yang tak dapat dilihat orang lain.
13b
___ kegiatan-kegiatan dan
kejadian-kejadian yang melibatkan orang lain.
14a ___ hal-hal abstrak atau teoretis.
14b
___ hal-hal konkret atau nyata.
15a ___ membantu orang lain
menyelidiki perasaan-perasaan mereka.
15b
___ membantu orang lain membuat
keputusan-keputusan yang logis.
16a ___ perubahan dan menjaga agar
tetap terbuka pilihan-pilihan.
16b
___ hal yang dapat diramalkan dan
mengetahui sebelumnya.
17a ___ hanya mengkomunikasikan
sebagian kecil pikiran dan perasaan saya.
17b ___ mengkomunikasikan pikiran
dan perasaan saya secara bebas.
18a ___ pandangan-pandangan menyeluruh yang masih
merupakan kemungkinan.
18b ___ detil-detil nyata yang tersedia.
19a ___ menggunakan akal sehat dan keyakinan untuk
membuat keputusan.
19b ___ menggunakan data, analisis, dan penalaran
untuk membuat keputusan.
20a ___ merencanakan ke depan atas dasar
proyeksi-proyeksi.
20b ___ merencanakan pada waktu diperlukan, beberapa
saat sebelum melaksanakannya.
21a ___ bertemu dengan orang-orang baru.
21b ___ sendiri atau bersama seseorang yang saya
kenal baik.
22a ___ gagasan-gagasan.
22b ___ fakta.
Saya
lebih suka:
23a ___ keyakinan.
23b ___ kesimpulan yang dapat diuji.
24a ___ sebanyak mungkin menggunakan buku harian
atau agenda untuk menuliskan janji-janji yang dibuat.
24b
___ sesedikit mungkin menggunakan buku
harian atau agenda (sekalipun saya menggunakannya).
25a ___ mendiskusikan suatu masalah
baru secara panjang lebar dalam kelompok.
25b
___ memecahkan persoalan dalam pikiran
saya, kemudian membicarakan hasilnya dengan orang lain.
26a ___ melaksanakan secara tepat
rencana rinci yang dibuat.
26b
___ merancang suatu rencana tanpa perlu
melaksanakannya sendiri.
27a ___ orang yang menggunakan
logika.
27b
___ orang yang menggunakan perasaan.
28a ___ bebas melakukan sesuatu
tanpa dipikirkan lebih dahulu.
28b
___ mengetahui sebelumnya apa yang
harus saya lakukan.
29a ___ menjadi pusat perhatian.
29b
___ menyendiri.
30a ___ membayangkan hal-hal yang khayal.
30b ___ menguji detil-detil yang nyata.
31a ___ mengalami situasi, diskusi, dan film yang
menggugah perasaan.
31b ___ menggunakan kemampuan saya untuk
menganalisis situasi.
32a ___ memulai pertemuan sesuai dengan waktu yang
ditetapkan sebelumnya.
32b
___ memulai pertemuan apabila semua
orang merasa senang atau siap melakukannya.